Jadwal Pacu Jawi 2018

Asal mula pacu Jawi

Jadwal Pacu jawi 2018

Pacu Jawi ini sudah dilaksanakan semenjak zaman dahulu kala. Dimana diadakan setelah musim panen oleh petana dan menjadi sarana hiburan tersendiri bagi masyarakat Minangkabau. Pacu Jawi atau dikenal di Madura dengan Karapan sapi, diselenggarakan setiap minggunya pada hari sabtu di Kabupaten Tanah Datar. Dimana terdiri dari 4 pertandingan dalam satu kali ronde dan digilir di setiap rondenya. Dimana dilaksanakan di 4 nagari yang terdapat di Kabupaten Tanah Datar yaitu Nagari Pariangan, Nagari V Kaum, Nagari Rambatan dan Nagari Sungai Tarab.

Pacu Jawi dilaksanakan disawah berlumpur dengan ketinggian air mencapai 30cm. Terkadang jika kemarau melanda penyelenggara pacu jawi harus memasukkan air semalaman untuk mengairi sawah yang luasnya hampir setengah Hektar.

Pacu Jawi tidak diperlombakan seperti pacuan kuda atau pacuan lainnya. Sepasang sapi dipautkan dengan menggunakan kayu pembajak sawah. Mereka berlari tanpa lawan dengan ditunggangi Joki yang berdiri diantara Kayu Pembajak. Uniknya disini sang Joki akan menggigit ekor sapi agar mereka berlali kencang. Semakin kuat gigitan semakin kencang lari sapinya.

Pemenang Pacu Jawi tidak ditentukan dengan pencapaian garis finish tetapi sapi yang larinya kencang dan lurus, itulah pemenangnya.

Bagi para penonton yang mau menyaksikan Pacu jawi sebaiknya berada di zona aman. Karena tidak jarang sapi lari keluar dari arena balap.

Jadwal Pacu Jawi 2018

Jadwal pacu jawi 2018 tanah datar

Silahkan hubungin Kami untuk informasi lebih lanjut:

Dreamlamd Holiday

Nisa : 0852 7820 5007

Rahmi : 0811 999 1144

 

Berikut ini adalah program tour Pacu Jawi silahkan klik link ini : Program Tour Pacu Jawi

Share This: