Bareh Randang salah satu kudapan yang berasal dari Payakumbuh. Mendengar sekilas namanya, Mungkin orang mengira kudapan satu ini adalah rendang. Makanan satu ini ternyata sama sekali berbeda dengan di bayangkan. Bareh rendang ternyata memiliki citarasa manis dan wujudnya pun sama sekali tidak mirip dengan rendang. 

Secara etimologi, penamaan bareh randang mengacu pada bahan pokok dan prose pembuatannya. Bareh dalam bahasa Minangkabau memiliki arti beras, Sedangkan randang dapat diartikan proses menyangrai. Bareh randang dapat diartikan sebagai olahan berbahan dasar beras yang disangrai bersamaan dengan rempah dan bumbu.

Bareh randang bisa disajikan dalam prosesi adat manjapuik marapulai, yaitu menjemput mempelai laki laki untuk dibawa ke rumah sang gadis. Bareh randang juga disajikan saat para ninik mamak ( sesepuh kaum ) berkumpul dalam suatu pertemuan adat. Hasil dari campuran ini adalah gumpalan kalis berwarna putih dengan tekstur lunak dan permukaan kasar.

Gumpalan ini kemudian diletakkan pada sebuah wadah datar dan dibentuk menjadi bulat atau persegi empat pipih dengan ketebalan sekitar 1 cm lalu bareh randang disajikan dengan cara dipotong melintang dan memanjang. 

Visit Bareh Randang

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our typical meal services!