Suku kurai di bukittinggi

Suku kurai di bukittinggi

Di Kota Bukittinggi ada Nagari yg bernama Nagari V Jorong salah satu daerah yang di kelola oleh masyarakat Hukum Adat Kurai. Nageri ini terletak di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Nagari Kurai dihuni oleh 8 suku yang kelak menjadi 9 suku.

Masing – masing suku itu adalah Guci, Pisang, Sikumbang, Jambak, Tanjuang, Koto, Selayan, Simabua dan Malayu. Pertumbuhan masyarakat yang pesat, maka di rasa perlu untuk membentuk tatanan pemerintah awal di nagari kurai tersebut. Atas persetujuan Bandaro Bangkah dan Rajo Bagombak, Maka ditunjuklah 13 orang pimpinan yang di bagi ke dalam dua daerah, yaitu 7 di Mudiak da 6 di Hilia yang kemudian bergelar datuak.

Ke-13 orang itulah yang dipercaya sebagai pemimpin dalam pemerintahan adat masyrakat kurai. Hingga kini. Sistem pemerintahan adat masi berjalan bagi masyarakat Kurai V Jorong, Meskipun mereka telah melebur dengan masyarakat kota bukittinggi yang semakin heterogen.

Namun meningat pertumbuhan masyarakat yang semakin banyak dan supaya mereka tetap mengingat bhwa dasarnya mereka adalah satu kluarga besar, dengan persetujuan ke – 13 orang pemimpin kurai awal tadi, maka di tunjuklah 26 orang pangulu pucuak yang akan menjalankan sistem pemerintah adat.

Ke 26 orang itu masing masing di bagi menjadi 13 orang dimana 13 orang penghulu berkedududkan secara bergilir dari Jorong Tigo Baleh ke Jorong yang lainnya, sementara 13 orang lainnya berkedudukan diluar jorong Tigo Baleh.

Dalam Pemerintahan ke 26 orang ini desebut dengan pangulu Pucuak Nan Duo Puluah Anam /Urang Nan Duo Puluah Anam memimpin masyarakat adat kurai V Jorong hingga saat ini

Visit Suku Kurai

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our Hotel services!

Tari Piring

Tari Piring

TARI PIRING SUMATERA BARAT

Tari Piring dalam bahasa Minang Tari Piriang yang merupakan tarian tradisional Minangkabau yang menampilkan  atraksi yang mengunakan piring kaca. Gerakan tari piring pada umumnya adalah meletakkan dua piring di atas dua telapak tangan. Penari mengayunkan piring dalam gerakan-gerakan yang cepat, diselingi dengan mendentingkan piring atau dua cincin di jari penari terhadap piring yang dibawanya. Pada akhir tarian, biasanya piring-piring yang dibawakan oleh para penari dilemparkan ke lantai dan para penari akan menari di atas pecahan-pecahan piring. jumlah penari piring biasanya ganjil.

Tari Piring ini secara tradisional berasal dari Daerah Solok, Sumatera Barat. Menurut legenda tari piring ini mengucap rasa Syukur masyarakat setempat atas reszki yang melipah ruah dari hasil panen. Saat ini tari piring di pertunjukan untuk penyambutan tamu terhomat atau pembuka upacara adat dan juga menjadi tarian populer Indonesia yamh kerap di tampilkan  di ajang promosi pariwisata dan kebudayaan Indonesia.

Visit Tari Piring Sumatera Barat

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our tourist attraction services!

4D3N Paket Tour Bukittinggi

4D3N Paket Tour Bukittinggi

4D3N PAKET TOUR BUKITTINGGI

MIN 10 PAX RP. 2.354.000/PAX

HOTEL 2* VALIDITY 20 DEC 2022

 

Day 1 : TIBA DI BUKITTINGGI – MINANGKABAU (LD)
Selamat datang di Bandara Internasional Minangkabau, setelah pengurusan bagasi menuju kendaraan yang sudah dipersiapkan. Kemudian menuju Lamun Ombak Restaurant untuk makan siang. Selanjutnya menuju Air Terjun Lembah Anai yang diyakini bisa membuat kita awet muda. Mengunjungi Minangkabau Village yang merupakan Pusat Dokumentasi Minangkabau. Mampir di Canting Buana Batik untuk melihat pembuatan batik khas Minang. Setelah itu menuju Bukittinggi, tetapi sebelumnya berhenti di Desa Pandai Sikek yang merupakan Desa penghasil Songket khas Minangkabau dan ukiran kayu. Kemudian mampir di sentral Rendang Uni Adek untuk melihat pembuatan Rendang Khas Minang. Tiba di Bukittinggi, makan malam di lokal restaurant dan check in Hotel.

Day2 : PAYAKUMBUH – BATUSANGKAR – BUKITTINGGI (BLD)
Sarapan pagi di hotel.Tour pagi ini dimulai dengan menuju Kelok 9 untuk melihat proyek fly over terbesar di Sumatera Barat. Selanjutnya mengunjungi Lembah Harau dengan pesona Air Terjun beserta Tebingnya yang indah. Makan siang di lokal restaurant. Mengunjungi Tabek Patah yang terkenal dengan keindahan alamnya. Singgah di Istana Pagaruyung yang merupakan pusat pemerintahan Minangkabau pada masa dahulunya. Mengunjungi Desa Pariangan yang merupakan desa terindah di Dunia. Kemudian menikmati Bika Talago dan sekaligus melihat pembuatannya yang unik. Mampir di Pusat oleh-oleh Ummi Aufa Hakim. Makan malam di local Restaurant. Kembali ke Hotel.

Day3 : BUKITTINGGI – MANINJAU – BUKITTINGGI (BLD)
Setelah sarapan pagi, menuju Lawang Park dan Embun Pagi via Nagari Matur. Sebelumnya melihat keindahan Nagari Sungai Landia dari ketinggian dan melihat pembuatan gula merah dimana masih menggunakan tenaga Kerbau. Kemudian menikmati keindahan Danau Maninjau dari ketinggian. Makan siang di lokal restaurant. Dilanjutkan dengan kembali ke Bukittinggi. City tour Bukittinggi dengan mengunjungi Panorama Ngarai sianok, Lobang Jepang, The Great Wall Of Koto Gadang, Jam Gadang dan free program di Pasar Atas. Kembali ke Hotel, Makan malam di lokal restaurant.

Day4 : Airport – BUKITTINGGI (B)
Sarapan pagi dan check out hotel. Free program dan dilanjutkan menuju Bandara Internasional Minangakbau dan tour selesai. Sampai berjumpa pada tour berikutnya.

Harga termasuk :
Transportasi AC
Makan sesuai program
Tiket masuk ke objek wisata
Akomodasi sesuai dengan pilihan (3 malam di Bukittinggi )
Driver Guide
Mineral water
Parkir

Harga tidak termasuk :
Keperluan pribadi seperti : bill telepon, laundry, minibar, dll.
Tips untuk Pemandu Wisata atau Sopir
Jus/ Minuman di lokal restaurant
Tiket Pesawat/Airport Tax/ Porter
PCR/ Antigen
Weekend Surcharga Rp 100.000/kamar/malam

 

BUNGA RAFLESIA

BUNGA RAFLESIA

Rafflesia arnoldii atau padma raksasa merupakan tumbuhan parasit obligat yang tumbuh pada batang liana (tumbuhan merambat) dari genus Tetrastigma. Spesies Raflesia yang lainnya juga memiliki inang yang sama. Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Sumatera oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang sedang mengikuti ekspedisi Thomas Stanford Raffles, sehingga tumbuhan ini diberi nama sesuai sejarah penemunya yakni penggabungan antara Raffles dan Arnold.

Rafflesia arnoldii tidak memiliki daun sehingga tidak mampu melakukan fotosintesis sendiri dan mengambil nutrisi dari pohon inangnya. Bentuk yang terlihat dari bunga Raflesia ini hanya bunganya saja yang berkembang dalam kurun waktu tertentu. Keberadaannya seakan tersembunyi selama berbulan-bulan di dalam tubuh inangnya hingga akhirnya tumbuh bunga yang hanya mekar seminggu. Bunga Raflesia adalah identitas provinsi Bengkulu dan sebagai salah satu puspa langka dari tiga bunga nasional Indonesia mendampingi puspa bangsa (melati putih atau Jasminum sambac) dan puspa pesona (anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis) berdasarkan Kepres No 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

Visit Raflesia

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our tourist attraction services!

SERIBU RUMAH GADANG

SERIBU RUMAH GADANG

Anda ingin menikmati suasana perkampungan tradisional Minangkabau tempo dulu yang masih asli datanglah ke Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan yang berjarak 150 kilometer dari Kota Padang, Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat.

Memasuki Nagari Koto Baru pengunjung akan menyaksikan perkampungan Minangkabau masa lampau. Ratusan rumah adat Minangkabau atau Rumah Gadang di kiri kanan sepanjang jalan perkampungan sebagian besar masih terawat.

Pemandangan rumah-rumah bagonjongyang artistik ini mampu menghilangkan penat dan capek setelah menempuh perjalanan panjang memakan waktu sekitar 3,5 jam dari Kota Padang.

Tak sulit menemukan kawasan yang pernah digunakan sebagai lokasi syuting film layar lebar Di Bawah Lindungan Kabah yang diangkat dari novel Buya Hamka karena berada di dekat jalan utama Solok Selatan yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, itu.

Memasuki Nagari Koto Baru terlihat plang raksasa bertuliskan “Kawasan Saribu Rumah Gadang” di samping pintu masuk Masjid Raya Koto Baru.

Karena lokasinya yang artistik, kawasan ini juga pernah dijadikan lokasi syuting film televisi (FTV) berjudul “Calon Istri yang Terzalimi” dan ditayangkan di salah satu televisi swasta nasional.

Setelah memasuki pintu gerbang, deretan rumah gadang di kiri kanan jalan seolah menjadi pagar betis dan siap menyambut pengunjung yang ingin menikmati pemandangan rumah adat Minangkabau tersebut.

Untuk lebih bisa menikmati keindahan rumah gadang tersebut, pengunjung atau wisatawan bisa dengan berjalan kaki untuk mengelilingi kawasan tersebut. Kawasan saribu rumah gadang juga pernah digunakan tempat pengambilan gambar serial anak “Si Bolang”.

Visit Seribu Rumah Gadang

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our tourist attraction services!

3D2N BUKITTINGGI JIREK HOMESTAY

3D2N BUKITTINGGI JIREK HOMESTAY

PROMO 3D2N BUKITTINGGI
MIN 6 PAX
RP. 1.500.000

HARI 01. Airport – Bukittinggi (LD)

  • Bukittinggi Tour – Selamat Datang di Bandara Internasional Minangkabau. 
  • Setelah pengurusan bagasi langsung menuju kendaraan yang telah disediakan oleh Perwakilan kami. 
  • Kemudian menuju Local Restaurant untuk Makan siang. 
  • Selanjutnya menuju Bukittinggi via Lembah Anai yang terkenal dengan Air Terjun dan kesejukan serta keindahan alamnya. 
  • Kemudian mengunjungi Minangkabau Village, merupakan pusat dokumentasi Minangkabau dan setelah itu menuju Bukittinggi. 
  • Dalam perjalanan singgah di Pandai Sikek yang terkenal dengan Tenunan Songket dan Ukiran tradisional Minangkabau. 
  • Kemudian singgah di Pusat oleh-oleh Ummi Hakim untuk membeli oleh-oleh khas Sumbar. 
  • Tiba di Bukittinggi langsung Check in Hotel. 
  • Makan malam di Local Restaurant. Dilanjutkan dengan menikmati Tari-Tarian Tradisional Minangkabau (atas biaya sendiri).

HARI 02. Minangkabau Tour (B,L,D)

  • Setelah sarapan, tour diawali dengan mengunjungi Ngarai Sianok, Lobang Jepang dan The Great Wall of Koto Gadang. 
  • Kemudian menuju Tabek Patah dengan keindahan alamnya yang masih asri. 
  • Dilanjutkan menuju home industri KINIKO dan Makan Siang dilocal restaurant. 
  • Setelah itu mengunjungi Istana Pagaruyung yang merupakan pusat pemerintahan Minangkabau dahulunya. 
  • Kemudian kembali ke Bukittinggi melewati Danau Singkarak yang merupakan Danau terbesar di Sumatera Barat. 
  • Tiba di Bukittnggi dan Free program di Jam Gadang dan Pasar Atas. Sore hari menuju hotel. 
  • Makan malam di Local Restaurant.
3d2n Sawahlunto

HARI 03. Bukittinggi – Airport (B)
Setelah sarapan pagi, check out hotel dan menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) untuk penerbangan berikutnya. Terima kasih atas kepecayaan anda kepada kami dan sampai berjumpa lagi di tour berikutnya. Tour Ending

Termasuk :

  • Transportasi AC
  • Makan sesuai program tour
  • Tiket masuk ke objek wisata
  • Akomodasi sesuai dengan pilihan (2 malam di Bukittinggi)
  • Driver Guide (FIT) & Tour Guide (GIT)
  • Mineral water & parkir

Harga tidak termasuk :

  • Keperluan pribadi seperti : bill telepon, laundry, minibar, dll.
  • Tips untuk Pemandu Wisata dan Sopir
  • Jus/ Minuman dilokal restaurant
  • Tiket Pesawat/Airport Tax/ Porter di Bandara
  • Tambahan biaya untuk hari libur (Long weekend, natal, lebaran, tahun baru)

Visit Promo 3D2N Bukittinggi

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our Hotel services!

4d3n Paket Tour Padang

4D3N PAKET TOUR PADANG
MIN 06 PAX
RP. 1.900.000/ PAX
Vila Asri

HARI 01. Airport – Bukittinggi (LD)

  • Tiba dibandara Internasional Minangkabau, anda akan dijemput oleh perwakilan Kami.
  • Setelah pengurusan bagasi menuju Bukittinggi via Lembah Anai. Berhenti sejenak di Air Terjun Lembah Anai yang diyakini bisa membuat awet muda.
  • Kemudian mengunjungi Minangkabau Village yang merupakan Pusat Dokumentasi Minangkabau. 
  • Makan siang di Lokal restaurant. 
  • Setelah itu menuju Bukittinggi, diperjalanan berhenti di Souvenir Shop Putri Minang, Pandai sikek & Linduang Bulan untuk membeli oleh-oleh khas Sumatera Barat. 
  • Tiba di Bukittinggi, check in Hotel. Makan malam di local restaurant. 
  • Melihat pertunjukan tari-tarian (atas biaya sendiri).

Day 02. Minangkabau Tour (B,L,D)

  • Sarapan pagi di hotel dan dilanjutkan menuju Kelok 9 untuk melihat proyek fly over terbesar di Sumatera Barat. 
  • Selanjutnya menuju Payakumbuh mengunjungi Lembah Harau dengan pesona Air Terjun beserta Tebing nya. 
  • Makan siang di lokal restaurant dan dilanjutkan menuju Batusangkar . 
  • Mengunjungi Tabek Patah yang terkenal dengan keindahan Alamnya. 
  • Setelah itu melanjutkan perjalanan untuk melihat pembuatan makanan & minuman traditional Minang di KINIKO home industri. 
  • Singgah di Istana Pagaruyung yang merupakan pusat pemerintahan Minangkabau pada masa dahulunya. 
  • Menuju Bukittinggi melewati Padang Panjang dan berhenti di Koto Baru untuk menikmati Bika Simariana. 
  • Membeli Oleh-oleh di Ummi Hakim dan Randang Uni Adek. 
  • Kembali ke Hotel. 
  • Makan malam di local Restaurant.

Day 03. Bukittinggi – Maninjau – Bukittinggi(B,L,D)

  • Setelah sarapan pagi, menuju Lawang Park dan Embun Pagi via Nagari Matur. 
  • Kemudian perjalanan menuju Danau Maninjau melewati Kelok 44 untuk menikmati keindahan Danau Maninjau dari ketinggian. 
  • Kembali ke Bukittinggi dengan melewati Nagari Sungai Landia. 
  • Sesampainya di Bukittinggi Makan siang di lokal restaurant. 
  • Selanjutnya City tour dengan mengunjungi Panorama Ngarai sianok, Lobang Jepang, The Great Wall Of Koto Gadang dan free Program di Jam Gadang & Pasar Atas. 
  • Kembali keHotel, makan malam di lokal restaurant

Day 04. Bukittinggi – Airport (B)

  • Setelah sarapan pagi check out hotel. Free program dan Berangkat ke Bandara. 
  • Tiba di Airport tour berakhir. 
  • Sampai jumpa di tour berikutnya

Visit 4d2n Paket Tour Padang

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our Tour Package services!

ONE DAY TOUR MEMBATIK

ONE DAY TOUR MEMBATIK

Paket Membatik Khas Padang
Rp. 150.000/ Pax

Workshop membatik bagi warga Bukittinggi – Padang Panjang dan Batusangkar yang ingin mendalami proses pembuatan batik. Melalui workshop ini, peserta akan merasakan langsung proses unik pembuatan batik dengan durasi kurang lebih 3 jam.

Fasilitas : 

  • Pengajar
  • Materi singkat pengetahuan tentang batik
  • Praktek membatik ( membuat pola, menyanting hingga pewarnaan dengan metode colet )
  • Peralatan membatik ( Canting, wajan, kompor dll )
  • Bahan-bahan membatik
  • Sertifikat
  • Durasi 3 jam

Visit Membatik Khas Padang

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our Hotel services!

KINCIA KAMBA TIGO

KINCIA KAMBA TIGO

Kincir air sejak zaman dahulu telah di pergunakan oleh masyarakat Minangkabau sebagai alat irigasi untuk mengalirkan air ke sawah. Alat ini berputar pada sumbunya karena didorong oleh air sungai atau air dari bukit yang dibendung. Di Minangkabau, Kincir air selain sebagai sarana irigasi juga sering digunakan sebagai penumbuk padi atau beras.

Daerah sekitar kincia kamba tigo juga bisa dijadikan tempat kegiatan Gathering keluarga dan kantor. Paket Wisata air kincia kamba tigo ini adalah salah satu paket wisata terbaik kami, sungai batang ombilin 9,2 Km, bisa digunakan untuk level pemula dan Pro, dengan grade 2 sampai 3, pengarungan sekitar 2-3 jam dan finish d nagari balimbiang,Tanah Datar. Menggunakan air bendungan danau singkarak,yg debit air nya stabil walaupun hari hujan. Melewati bbrapa objek wisata spt kincir air raksasa dan air terjun. View dengan pesawahan,bukit,dan lembah.serta satwa satwa spt kelelawar ,biawak dan burung burung.

Visit Kincia Kamba Tiga

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our tourist attraction services!

ONE DAY TOUR BATUSANGKAR

ONE DAY TOUR BATUSANGKAR

One Day Tour Batusangkar
Min 10 Pax
Rp. 316.000/Pax

Day 01 Batusangkar – Bukittinggi (L)
  • Peserta akan di jemput oleh perwakilan kami di hotel,
  • Perjalanan menuju Batusangkar via Panorama Tabek Patah
  • Mengunjungi pembuatan makanan & minuman traditional Minang di KINIKO home industri,
  • Selanjutnya menuju Istana Pagaruyung yang merupakan Pusat Pemerintahan Minangkabau pada masa dahulunya.
  • Dilanjutkan menuju Danau Singkarak yang merupakan Danau Terbesar di Sumatera Barat.
  • Kembali ke Bukittinggi, sebelumnya singgah di Desa Pariangan yang merupakan Desa Terindah di Dunia.
  • Peserta di antar kembali ke hotel, tour berakhir. ( Makan siang di lokal restaurant )

Harga sudah termasuk :

  • Transportasi AC
  • Makan Siang
  • Tiket masuk ke Objek wisata
  • Driver cum guide FIT
  • Mineral water dan parkir.

Harga tidak termasuk :

  • Tips untuk pemandu/sopir
  • Akomodasi
  • Jus/ Minuman dilokal restaurant
  • Tiket pesawat/ Airport tax/ porter di Bandara
  • Tambahan biaya untuk Idul Fitri, natal, & tahun baru

Visit One Day Tour Batusangkar

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our Hotel services!