Puncak Lawang

Puncak Lawang

Puncak Lawang adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Nagari Lawang, kec. Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Puncak Lawang menampilkan pemandangan Danau Maninjau dari ketinggian, rindangnya pohon pinus dan udara sejuk. Puncak Lawang juga diberi nama “ Negeri Di Atas Awan ” yang indah dan berlatar belakang Danau Maninjau.

Pada saat ini, Puncak Lawang menjadi salah satu destinasi wisata di Sumatera Barat. Puncak Lawang menjadi arena Kejuaraan Olahraga Paralayang Kelas Internasional karena merupakan salah satu spot terbaik di Asia Tenggara.

Pengunjung yang datang dari barat seperti Lubuk Basung atau Danau Maninjau akan melewati perjalanan mendaki bukit dengan 44 belokan yang terkenal dengan kelok 44. Sedangkan pengunjung yang datang dari Bukittinggi atau Padang Panjang akan mencapai kawasan Puncak Lawang akan melewati Desa Matur dengan perjalanan yang cukup menegangkan. ‘.

Puncak Lawang sangat cocok dijadikan tempat untuk bersantai karena berada di ketinggian dan menikmati indah nya Danau Maninjau. Selain untuk bersantai ada beberapa fasilitas yang disediakan seperti musholla, tempat bermain dan berfoto.

Destinasi wisata ini di buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Tiket masuk Puncak Lawang masih cukup terjangkau untuk hari Senin – Sabtu Rp. 20.000/orang dan hari Minggu Rp. 25.000/orang dengan harga segitu pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan indah yang ada di Puncak Lawang

Atraksi Serak Gulo

Atraksi Serak Gulo

Serak Gulo adalah salah satu atraksi yang ada di Kota Padang. Tradisi ini merupakan wujud rasa syukur yang atas rezeki diberikan sepanjang tahun. Tradisi Serak Gulo ini berawal dari muslim keturunan India yang masuk ke Pesisir Barat tepatnya di Kota Padang pada 200 tahun yang lalu.

Selain untuk mewujudkan rasa syukur, Tradisi Serak Gulo juga untuk memperingati wafatnya ulama di Nagore, India, yaitu Shaul Hamid. Ali Khan Abu Bakar selaku Ketua Himpunan Keluarga Muhammadan mengatakan gula yang dibagi juga dibacakan doa, dzikir, dan shalawat.

Tradisi ini dilakukan oleh muslim keturunan India di beberapa wilayah dunia salah satunya di Singapura dan Nagapattinam.

Pada 16 Februari 2018 tradisi Serak Gulo ini di sambut meriah oleh masyarakat Kota Padang. Panitia menaburkan enam ton gula yang sudah di bungkus kain perca.

Pada tahun sebelumnya gula yang dibagikan hanya 4 ton. Gula yang dibagi dikumpulkan dari berbagai daerah Indonesia seperti Medan, Bengkulu, Jambi, dan riau.

Dinas Pariwisata Kota Padang Mendukung tradisi ini sebagai agenda pariwisata tahunan. Pemerintah Kota Padang memberikan bantuan finansial untuk penyelenggaraan Tradisi Serak Gulo semenjak tahun 2018. Pemkot juga memberikan bantuan tenaga kesehatan dan pengamanan untuk tradisi ini.

Visit Atraksi Serak Gulo

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our tourist Atrtraction services!

2D1N PAYAKUMBUH

2D1N PAYAKUMBUH 

MIN 10 PAX IDR

1.824.000/ ORANG

BPBD Sumbar Pastikan Video Longsor Kelok Sembilan Hoaks

HARI 01. Airport – Payakumbuh (L,D)
Selamat Datang di Bandara Internasional Minangkabau.
Setelah pengurusan bagasi langsung menuju kendaraan yang telah disediakan oleh Perwakilan kami.

Menuju Padang. 

Tiba di Padang city tour dengan mengunjungi : Mesjid Raya Sumatera Barat, Perkampungan Cina, Kota Lama Padang, Jembatan Siti Nurbaya, Pantai Padang.

Kemudian menuju Lamun Ombak Restaurant untuk Makan siang.
Selanjutnya menuju Payakumbuh via Lembah Anai yang terkenal dengan Air Terjun dan kesejukan serta keindahan alamnya.
Mengunjungi Minangkabau Village, yang merupakan pusat dokumentasi Minangkabau
Setelah itu menuju Bukittinggi.
Dalam perjalanan singgah di Pandai Sikek yang terkenal dengan Tenunan Songket dan Ukiran tradisional Minangkabau.
Meneruskan perjalanan menuju Payakumbuh,
Makan malam dilokal restaurant dan menuju Homestay untuk istirahat

HARI 02. Payakumbuh – Airport (B,L)

Setelah sarapan check out hotel

City Tour Payakumbuh tour diawali menuju Lembah Harau dan Kelok 9 

Selanjutnya menuju Bukittinggi via baso 

Tiba di Bukittinggi city tour dengan mengunjungi Panorama Ngarai Sianok, Lobang Jepang, Pasar Atas, dan Jam Gadang.

Makan siang di Lapau Kapau/ RM Sederhana.

Setelah itu menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) untuk penerbangan berikutnya. Terima kasih atas kepecayaan anda kepada kami dan sampai berjumpa lagi di tour berikutnya. Tour Ending


Harga wisata di Payakumbuh

Harga termasuk :
Transportasi AC
Makan sesuai program tour
Tiket masuk ke objek wisata
Akomodasi sesuai program
Driver Guide (FIT) & Tour Guide (GIT)
Mineral water & parkir
10 pax dewasa + 1 FOC

Harga tidak termasuk :
Keperluan pribadi seperti : bill telepon, laundry, minibar, dll.
Tips untuk Pemandu Wisata dan Sopir
Jus/ Minuman dilokal restaurant
Tiket Pesawat/Airport Tax/ Porter di Bandara
Tambahan biaya untuk hari libur (Long weekend, natal, lebaran, tahun baru)

Panorama Padang Mangateh

Panorama Padang Mangateh

PANORAMA PADANG MANGATEH

Padang Mangateh adalah sebuah daerah peternakan yang terletak di Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jaraknya dari Kota Padang lebih kurang 136 km dan dari Kota Payakumbuh sekitar 12 km. Daerah ini menjadi terkenal karena pemandangan padang rumput nya mirip dengan peternakan padang rumput di Selandia Baru. Peternakan ini secara resmi dikelola oleh Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak ( BPTU – HPT ) Padang Mangatas di bawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

BPTU Padang Mangatas pertama kali didirikan oleh Pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1916. Ternak yang di kembangkan adalah kuda. Pada tahun 1935 didatangkan sapi Zebu dari Benggala, India untuk dikembang biakan. Pada zaman revolusi Kemerdekaan ( 1945 – 1949 ) kegiatan terhenti. Pada tahun 1950 oleh Wakil Presiden Dr. Moh. Hatta dibuka kembali pada tahun 1951 – 1953 dijadikan sebagai Stasiun Peternakan Pemerintahan dan diberi nama Induk Taman Ternak ( ITT ) Padang Mengatas.

Kondisi geografis Padang Mangateh yang terletak di pinggang Gunung Sago, Menjadikan rumput di daerah ini tumbuh dengan subur. Sapi pun bisa dengan leluasa bergerak dan makan dengan sepuasnya. Udara yang segar, panorama alamnya yang begitu mempesona, dan hamparan padang rumput hijaunya yang begitu luas, menjadi ciri khas Padang Mangateh.

Tempat wisata ini tidak memungut biaya apapun. Sebelum berkunjung kamu harus mendapat izin terlebih dahulu sebelum masuk. jam berkunjung, biasanya diperbolehkan hanya diperbolehkan saat jam hari kerja. Sehingga kamu harus mendaftar secara online.

Berikut adalah syarat untuk berkunjung :

  1. Mengisi link berikut :  https://bptupadangmengatas.com/kunjungan. Selain itu, bisa juga datang dan izin ke lokasi 
  2. Pendaftaran dilakukan sepekan sebelum berkunjung 
  3. Wajib membawa tanda bukti penerimaan ( print out ) dari BPTUHPT yang menyatakan bahwa telah diizinkan 
  4. Membawa surat pengantar dari instansi atau lembaga kunjungan bersifat kedinasan atau di bawah arahan dinas, lembaga, atau instansi dengan kepentingan edukasi peternakan.
  5. kunjungan pribadi tetapi dibatasi, seperti dilarang masuk ke area pagar sapi dan dilarang menggunakan kendaraan pribadi untuk mengelilingi wilayah tersebut 
  6. Kunjungan dapat dilaksanakan setelah adanya informasi resmi dari BPTUHPT Padang Mengatas yang akan dikirim  melalui email yang telah didaftarkan.
  7.  Pengunjung yang tidak membawa tanda bukti penerimaaan dari BPTUHPT Padang Mengatas dilarang masuk. 

berkunjung ke tempat wisata ini tidak membutuhkan waktu lama, karena jarak dari Jalan Raya yang menghubungkan Payakumbuh – Lintau sekitar 2 km dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Tempat wisata ini belum memiliki fasilitas cafe atau restaurant. Oleh karena itu disarankan kepada wisatawan membawa bekal makanan. Jadi, disarankan bagi yang ingin berkunjung ke tempat ini untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Aktivitas yang bisa dilakukan berupa foto dan video karena pemandangan sangat indah sehingga sayang sekali jika tidak mengambil momen momen saat kita berada disana. Hampir seluruh pengunjung yang datang ke tempat ini pasti berminat untuk mengambil foto. Selain itu, kegiatan yang bisa dilakukan membuat video membuat video. Video bisa di mulai saat perjalanan awal hingga melakukan keseruan lainnya.

Visit Panorama Padang Mangateh

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our tourist attraction services!

Taman Panorama Baru

Taman Panorama Baru

Bukittinggi,-
Hanya berjarak sekitar 5,2 Kilometer dari Pusat Kota Bukittinggi, Taman Wisata Panorama Baru menawarkan sensasi alam asri yang siap memukau pengunjung. Pengunjung akan dimanjakan dengan kecantikan tebing ngarai yang memanjang dan hijaunya pohon-pohon rindang di sekitar lokasi tersebut.

Terletak di ketinggian 950,6 Mdpl dan jauh dari hiruk pikuk kota, membuat kualitas udara dilokasi ini sangat sejuk. Ditambah dengan alam yang masih asri tentu menjadikan lokasi ini sangat cocok untuk menjadi spot healing bagi pengunjung yang jenuh dengan rutinitas dan hiruk pikuk aktivitas kerja.

Posisi yang bisa disebut sebagai salah satu puncak di salah satu ngarai, juga memberikan jarak pandang dengan cakupan yang sangat luas dan menawan. Saat mengunjungi lokasi ini, anda bisa melihat bentang alam dan tentunya sangat instagrameble dan estetik untuk mengisi galeri media sosial anda.

Diwaktu-waktu tertentu, Taman Wisata Panorama Baru juga memiliki daya tarik yang berbeda, semisal ketika pagi atau sore hari. Bias cahaya matahari membuat pemandangan dari lokasi ini semakin mempesona.

Jika beruntung, diwaktu-waktu tertentu pengunjung bisa melihat awan menyelimuti dataran dan membuat pengunjung seolah berada di negri diatas awan.

Lokasi ini ini sangat mudah diakses dari kota Bukittinggi, selain jarak yang hanya sekitar 5,2 km, akses jalan beraspal dengan kondisi yang baik hingga bisa diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Untuk biaya masuknya senilai Rp. 5000 untuk setiap orang dan ditambah parkir senilai Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Visit Taman Panorama Baru

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our tourist Attraction services!