KOTA TUA PADANG

KOTA TUA PADANG

Kota Tua Padang
Bagi kamu yang doyan dengan pemandangan vintage, Kota Tua Padang adalah salah satu spot menarik yang bisa kamu jelajahi. Tidak sedikit bangunan dengan gaya tempoe doeloe yang tersebar di sejumlah lokasi. Spot ini juga kerap dijadikan sebagai tempat foto prewedding untuk mendapatkan kesan classic. Kota Tua Padang kini juga menjadi salah satu wilayah cagar budaya yang terus dijaga kelestariannya.

Menurut sejumlah sumber, Padang dulunya merupakan wilayah paling maju di Sumatra. Bahkan bisa disetarakan dengan kota Metropolitan. Banyak kegiatan perdagangan antar negara berlangsung di tempat ini, terutama di sekitar akhir Abad ke-18 dan awal Abad ke-19. Pemerintah kolonial juga pernah menjadikan Padang sebagai pusat kekuatan militer mereka.

Salah satu daerah tersibuk adalah Pelabuhan Muaro, lokasi yang diyakini sebagai titik awal berkembangnya Kota Padang. Kini, sejumlah bangunan peninggalan Belanda masih bisa ditemui sepanjang Jl Muaro, Pasa Gadang, Pasa Mudik, hingga daerah Pondok.

Kota Tua bagaikan etalase yang menunjukkan keragaman budaya masyarakat Padang. Sebab di kawasan ini hidup masyarakat dari beragam etnik. Mulai dari India, Tionghoa, Melayu, Nias, Jawa, hingga Minangkabau, semuanya punya adat istiadat dan tradisi masing-masing.

Contohnya saja masyarakat keturunan India yang berdiam di daerah Kampung Keling. Setiap tahunnya mereka rutin mengadakan Serak Gulo, khusus untuk memberi penghormatan pada tokoh-tokoh muslim India berjasa besar. Padang menjadi wilayah ketiga di dunia yang mengadakan tradisi ini, selain India dan Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *