SILEK LANYAH

SILEK LANYAH

Wisata di Padang Panjang
Bumi Minangkabau tidak hanya terkenal akan keelokan alam dan kenikmatan kulinernya, namun juga adat budaya yang turun temurun terus dilestarikan. Salah satunya adalah Silek Lanyah, sebuah seni bela diri yang sudah berkembang lama di Sumatra Barat.

Silek Lanyah berasal dari Desa Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Padang Panjang. Pertunjukan seni sekaligus bela diri ini biasanya dilakukan di hamparan tanah basah alias lumpur. Tempatnya sering berpindah-pindah, tergantung petak sawah yang tersedia.

Atraksi Silek tak seolah tak pernah gagal menarik perhatian wisatawan. Pertunjukan penuh aksi ini juga kerap mengundang minat besar dari para penghobi fotografi.

Begitu pertunjukan silek digelar, ratusan wisatawan dan warga desa bisa dipastikan bakal langsung berkerumun di tepi parit. Suasana makin seru karena pagelaran ini juga diiringi kelompok musik tradisional yang biasanya terdiri dari empat orang. Sang pemimpin meniup serunai, sementara tiga lainnya menabuh gendang. Tak lama berselang, tiga pasang pesilat turun ke sawah dan siap memasang kuda-kuda.

Suasana pedesaan di sini terasa cukup kental. Terdapat hamparan sawah luas dan deretan rumah penduduk bergaya tradisional. Udaranya juga terasa sejuk, dengan suasana menenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *