Desa Lawang

Desa Lawang

 Desa Wisata Puncak Lawang  merupakan unit pergerakan pariwisata di Nagari Lawang yang terletak di kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Jaraknya dari Kota Padang kurang lebih 100km. 

 

Desa Lawang memiliki bentangan alam yang sangat indah dan beragam letak di ketinggian 1.250 mdpl dan termasuk desa yang bersuhu dingin dan curah hujan yang tinggi pertahunnya, dengan luas desa 26.69 km2 dan berjumlah 3.972 jiwa penduduk.

 

Wilayah Desa Wisata Lawang merupakan wilayah perkebunan tebu, sawah, kebun bawang, dan hutan. Sebagian besar wilayah Desa Lawang adalah perkebunan tebu, dan menjadi komoditas utama masyarakat lawang. 

 

Masyarakat Lawang pada umumnya memiliki mata pencaharian yakni berkebun dan bertani. Tebu salah satu komoditas unggulan yang diolah oleh masyarakat sekitar menjadi Produk UMKM seperti gula saka, gula semut, kacang goreng/rendang, Kerupuk ubi, saka, minuman air tebu dll. Nagari Lawang terdiri dari sekelompok kawasan yang terdiri dari beberapa destinasi wisata yakni Lawang Park, Soul Puncak Lawang, Green View, Tigo Baleh Nan Basa serta atraksi wisata Kilang tebu Tradisional dan atraksi seni budaya paralayang.

 

Desa Wisata Lawang dikelola oleh pemuda pemudi yang terkumpul di sebuah kelompok Sadar Wisata Manih Sarumpun Nagari Lawang. 

 

Desa Lawang juga terkenal dengan Paralayang, karena tempat paralayang di puncak Lawang adalah salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara, dan sudah melahirkan para para atlet yang hebat dan memenangkan juara tingkat Nasional, dan Puncak Lawang juga pernah menjadi tempat Kejuaraan Dunia Paralayang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *