Galamai adalah salah satu makanan khas dari payakumbuh dengan bahan dasar tepung beras, gula aren dan santan.Masyarakat di Sumatera Barat pun menyebut Galamai ini dengan nama Kelamai. Jika di daerah lain makanan sejenis ini dikenal sebagai dodol atau jenang.

Pembuatan galamai membutuhkan pengalaman serta keterampilan sang koki. Pembuatannya menuntut intuisi yang tajam, keuletan, serta daya tahan fisik yang cukup kuat karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengaduk galamai di dalam kuali besar.

Proses memasaknya memakan waktu 3 – 4 jam. Adonan galamai  di atas kuali tidak boleh berhenti di aduk dengan api yang menyala. Kualitas dari galamai yang dihasilkan sangat ditentukan oleh kelihaian dan pengalaman dari orang membuatnya.

Proses pembuatan galamai tempo dulu berlangsung dengan kerjasama yang apik diamana bahan disediakan kaum ibu dan pengadukan dalam kuali dilakukan oleh para pria. Cara mengaduk Galamai mempunyai teknik tersendiri yang lazim disebut “ mengacau gelamai “. Terlalu kacau akan membuat galamai berpelantingan ( berserakan ). 

Adapun cara dan bahan pembuatan galamai: tepung beras ketan diaduk bersama santan kelapa dengan menggunakan gula tebu atau gula aren dan menggunakan kuali yang sangat besar. Dalam pemilihan kelapa untuk membuat galamai ini lebih baik memilih kelapa yang benar benar tua dikarenakan mengandung banyak minyak.

Sejak zaman dahulu hingga sekarang tidak ada perubahan dalam penggunaan perlengkapan saat ingin memasak galamai. Beberapa peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan yaitu panci, wajan besi/kuali besi, dan sendok pengaduk.

Gelamai biasanya dibuat untuk keperluan pesta pernikahan, turun mandi, batagak gala, dan pesta adat lainnya serta menjelang hari raya. Gelamai ini merupakan masakan tradisional yang mana sebagai lambang penghulu dalam suku artinya adalah ia merupakan orang bijaksana yang berhati lapang dan beralam luas, Ibaratnya gelamai yang lembut tetapi apabila di tarik tidak akan putus.

Visit Galamai

Don't miss this amazing opportunity to enjoy our typical meal services!